Categories
Blog

Cara memperbaiki pengering mesin cuci 1 tabung

Halo sobat service mesin cuci malang apa kabarnya hari ini? Terimakasih sudah mampir di artikel kami yang akan membahas cara memperbaiki pengering mesin cuci 1 tabung. Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan anda dan bisa membantu anda menemukan solusi buat pengering mesin cuci yang tidak bisa berputar.

cara memperbaiki pengering mesin cuci 1 tabung

Sebelum kita mulai coba kita cek dulu mesin cucinya. Coba setel mesin cuci pada posisi spin, kemudian amati mesin cucinya. Jika tabungnya tidak bergerak dan hanya pulsatornya yang berputar berarti memang ada kerusakan pada mesin cuci anda. Coba kita cek pada bagian bawah mesin, kita bongkar bagian gearbox mesinnya untuk mengetahui yang bagian mana yang harus diperbaiki.

Jika sudah terbongkar coba kita cek peer yang nyambung di gearnya apakah masih nyambung atau tidak mekanismenya. Coba kita lihat gear/giginya apakah masih bagus atau perlu diganti. Biasanya permasalahan yang terjadi di peer dan gear mesin cucinya. Coba dibongkar dengan teliti, apakah struktur gear/gigi nya masih bagus? apakah sudah ada yang aus? Kalau ada yang aus harus ganti dengan yang baru.

Penyebab lain lagi adalah adanya sambungan kabel yang putus, ini entah dikarenakan gigitan tikus atau mungkin ada yang mutus 😀
Kabel putus membuat pengering mesin cuci tidak bisa berputar, karena daya untuk penggerak mesin cucinya tidak tersalurkan ke komponen pengering. Sesuai dengan judul artikelnya Bagaimana cara memperbaiki pengering mesin cuci 1 tabung tinggal disambung aja, kalau memang harus diganti dengan kabel baru diganti aja.

Selanjutnya penyebab pengering mesin cuci tidak berputar adalah karena tali pada rem pengering putus. Rem pengering ini fungsinya membuat dinamo pengering yang berputar berhenti secara otomatis jika tutup pengeringnya dibuka. Jika terputus otomatis mekanisme pengereman akan terjadi terus, sehingga pengeringnya tidak bekerja. Cara perbaikan, gantikan dengan tali rem yang baru.

Salah satu penyebab lain adalah karena terbakar atau rusaknya kapasitor. Hal ini karena kapasitor ini secara terus menerus menyimpan dan melepaskan arus listrik ke mesin dinamo untuk perputaran tabung. Cara perbaikannya cukup gantikan dengan kapasitor yang baru.

Selanjutnya hal yang paling fatal adalah karena dinamo untuk perputaran rusak. Bisa terjadi karena lilitan dinamo putus atau konsleting. Kalau dinamo anda keluaran lama, lebih baik ganti mesin cuci saja. Karena harga dinamo ini lumayan mahal.

Demikian artikel cara memperbaiki pengering mesin cuci 1 tabung, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.