Categories
Blog

Cara memperbaiki mesin cuci samsung satu tabung

Halo para pembaca blog service mesin cuci malang terimakasih sebelumnya sudah mampir di blog kami. Apakah anda sedang mencari cara memperbaiki mesin cuci samsung satu tabung milik anda atau milik konsumen anda? Semoga artikel kami bisa membantu.

Yang perlu kita ketahui sebelumnya mesin cuci satu tabung ini sangat berbeda dengan mesin cuci dua tabung, karena mesin cuci satu tabung ini melakukan kerjanya secara otomatis. Dikontrol oleh modul kontrol otomatis, semuanya sudah diatur secara otomatis. Dan yang tidak kalah penting sebelum mengetahui cara memperbaiki mesin cuci samsung satu tabung kita harus mengetahui cara kerja mesin cuci tersebut, sehingga bisa mengetahui bagian mana yang harus diperbaiki.

Mesin satu tabung ini biasanya cuma punya bukaan diatas, dimana untuk memasukkan pakaian lewat lubang bukaan ini. Bagaimana cara kerja mesin cuci satu tabung ini?

  1. Jangan lupa memasukkan stop kontak sebagai sumber daya penggerak mesin cuci
  2. Masukkan pakaian kotor ke mesin cuci
  3. Jangan lupa untuk membuka keran air
  4. Tekan tombol power untuk melakukan pencucian, mode default akan aktif. tekan tombol start untuk melakukan proses pencucian secara otomatis.
  5. Proses akan terjadi selama beberapa menit sampai selesai, nanti air akan dibuang secara otomatis
  6. setelah kering, mesin cuci akan melakukan spin untuk menghilangkan sisa sabun di cucian.
  7. berikutnya modul otomatis akan memerintahkan klep otomatis (solenoid valve) yang ada di mesin cuci mengalirkan air untuk membilas cucian, dan setelah proses selesai secara otomatis air akan dibuang.
  8. terakhir akan dilakukan spin untuk mengeringkan pakaian.
cara memperbaiki mesin cuci samsung satu tabung

Setelah mengetahui proses dan cara kerja mesin cuci satu tabung, selanjutnya akan kita berikan apa saja kerusakan yang biasanya terjadi pada mesin cuci anda.

  1. Kerusakan pada alat yang dinamakan water level pressure switch
    Alat ini biasa disebut juga sebagai sensor water pressure, fungsinya sebagai alat sensor apakah air yang dibutuhkan sudah cukup atau belum untuk dipakai dalam proses mencuci. Kerusakan pada alat ini bisa menimbulkan kerusakan pada,
  • mesin cuci tidak mau berputar, karena modul mesin cuci menganggap air tidak cukup
  • air meluber, dikarenakan sensor sudah tidak bisa mendeteksi kebutuhan air dengan tepat
    cara perbaikannya, cukup menggantikan dengan yang baru.
  1. Kerusakan pada Solenoid Valve/Katup Otomatis
    Pada bagian ini merupakan katup yang membuka dan menutup secara otomatis, sesuai dengan perintah dari modul otomatis. Hal yang biasa dijumpai, mesin cuci tidak bisa berputar karena kerusakan pada alat ini atau karena diperlukan pembersihan pada filter water inlet katup otomatisnya.
  2. V-belt mesin cuci rusak
    Biasanya karena pemakaian yang sudah lama, v-belt yang berfungsi meneruskan putaran motor ke gearbox untuk memutar tabung sudah kendor, kadang terlepas. Cara mengetahui v-beltnya kendor atau tidak adalah dengan mendengarkan putaran motor, kalau motor berputar tetapi mesin cucinya diam aja berarti v-beltnya perlu diganti dengan yang baru.
  3. Kerusakan pada motor listrik
    Kerusakan pada motor listrik ini sangat umum terjadi, biasanya karena konslet pada coil terkena tetesan air yang bocor dari tabung. Cara memperbaikinya adalah mengganti dengan yang baru.
  4. Kerusakan pada kapasitor
    Apabila terjadi kerusakan pada bagian kapasitor maka motor tidak akan berputar sama sekali, karena kapasitor ini bagian penting dari motor wash. ciri terjadinya kerusakan pada kapasitor biasanya motor wash hanya berdengung setelah diberikan tegangan atau putaran mesin lemah. Cara memperbaikinya adalah dengan mengganti kapasitor.
  5. Kerusakan pada door switch
    Kerusakan pada alat ini biasanya menyebabkan mesin cuci tidak berputar, karena pada alat ini terdapat sensor yang berfungsi untuk memastikan tutupan mesin cuci berfungsi dengan baik. Kenapa? karena pada saat mesin cuci berputar dalam keadaan tutupan terbuka akan sangat berbahaya bagi pengguna mesin cuci.
  6. Kerusakan pada gearbox mesin cuci
    Fungsi alat ini pada mesin cuci satu tabung adalah untuk mengatur kecepatan putar mesin cuci secara otomatis. Jika terjadi kerusakan pada alat ini maka mesin cuci hanya bisa berputar ke satu arah saja, atau bahkan tidak berputar sama sekali.
  7. Modul otomatis mesin cuci
    Jika terjadi kerusakan pada modul otomatis, mesin cuci biasanya tidak bisa berputar atau bahkan tidak bisa menyala sama sekali. Bisa dilihat di indikator lampu tombolnya. Cukup gantikan dengan modul baru jika terjadi kerusakan pada modul otomatisnya.

Demikian semoga bisa menjawab pertanyaan cara memperbaiki mesin cuci samsung satu tabung. Terimakasih atas perhatiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.