Categories
Blog

Cara memperbaiki gearbox mesin cuci 1 tabung

Pernahkah anda mengalami mesin cuci anda mengalami hal seperti ini, waktu dinyalakan untuk mencuci terdengar suara motor mesin cuci berputar. Anehnya kipas mesin cuci sama sekali tidak berputar. Biasanya kalau tidak van belt nya yang putus atau kendor, gearbox mesin cucinya pasti bermasalah. Di artikel kali ini kita akan membahas cara memperbaiki gearbox mesin cuci 1 tabung.

Seperti yang barusan kita bahas, jika memang van belt nya baik-baik saja. Tidak putus dan tidak kendor, kemungkinan besar ada kerusakan pada bagian gear box mesin. Kerusakannya bisa macem-macem diantaranya as gear box nya patah atau gearnya sudah aus.

Apa yang harus dilakukan jika kita menemui hal seperti ini? Mau tidak mau memang harus digantikan dengan yang baru. Cara memperbaiki gearbox mesin cuci 1 tabung yang harus dilakukan adalah

  1. bongkar cover atau tutup belakang mesin cuci
  2. untuk memperbaiki gear box mesin cuci kita harus membongkar bagian bawah mesin cuci terlebih dahulu agar mudah mengganti gear boxnya. Untuk membuka bagian bawah, terlebih dahulu buka sekrup pengunci untuk motor spinner/ pengering mesin cuci.
  3. lepaskan van belt pada motor
  4. rebahkan mesin cuci kesamping agar lebih mudah untuk membuka sekrup-sekrup yang mengunci bagian bawah mesin cuci. Setelah sekrup terlepas, tarik semua bagian bawahnya.
  5. segera lepaskan sekrup pengunci gear box mesin cuci untuk melepasnya. Baru gear box bisa diganti dengan yang baru.
cara memperbaiki gearbox mesin cuci 1 tabung

Selanjutnya setelah melepas gear box gantikan dengan yang baru. Perkiraan harga gear box untuk mesin cuci ini sekitar 50 ribu rupiah. Jangan lupa untuk membawa gear box yang rusak ke toko suku cadang mesin cuci agar mendapatkan suku cadang yang sesuai dan cocok dengan kebutuhan, karena tiap model mesin cuci berbeda ukuran dan model gear box nya.

Cara memasang gear box mudah saja, tinggal dibalik saja cara membongkar gear box di atas. Sangat mudah sekali asalkan anda teliti. Hal yang perlu diperhatikan saat pemasangan gear box baru adalah,

  • pastikan diameter pully yang menempel di gear box baru sama persis dengan gear box yang rusak
  • Jika tidak persis sama, gantikan pully baru dengan pully gear box yang lama.
  • kenapa diameter pully harus sama? karena jika tidak pas sama besarnya, jika pully lebih besar fan belt tidak bisa masuk, jika terlalu kecil fan belt akan kendur.
  • selanjutnya adalah masukkan gear box ke lubang dudukan, posisinya harus di tengah. jangan lupa disekrup dengan baik, agar gear box kokoh dan tidak miring.
  • setelah gear box terpasang, lanjutkan dengan memasang motor spinner.
  • lalu rapatkan bagian bawah mesin cuci dan pasang sekrupnya semua pada posisi semula
  • jangan lupa pasang fan belt untuk mencuci
  • pasang pulsator
  • testing dulu dengan mengisi air. Jalankan timer wash, cek apakah pulsatornya bergerak normal? jika sudah beres, segera tutup cover belakang mesin cuci.

Demikian cara memperbaiki gearbox mesin cuci 1 tabung, semoga bisa membantu anda yang kesulitan. Jika masih belum bisa caranya boleh konsultasi dengan service mesin cuci malang, semoga kami bisa membantu anda memperbaiki masalah mesin cuci anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.